Laporan Keuangan

by alfiantanjung27

  1. Laporan keuangan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Pemakai laporan keuangan yaitu;

  1. Investor
  2. Karyawan
  3. Pemberi pinjaman
  4. Pemasok dan kreditur usaha lainnya
  5. Pelanggan
  6. Pemerintah
  7. Masyarakat
  1. Tujuan laporan keuangan

Menurut standar akuntansi keuangan tujuan laporan keuangan yaitu untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan. Akan tetapi tidak semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam mengambil keputusan ekonomi karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dan kejadian masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi nonkeuangan.

  1. Karakteristik kualitatif laporan keuangan

Karakteristik kualitatif merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keuangan berguna bagi pemakai. Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok yaitu :

  • Dapat Dipahami, yaitu informasi dengan mudah dan segera dapat dipahami oleh pemakaianya. Pemakai informasi diasumsikan mempunyai pengetahuan yang memadai mengenai aktivitas ekonomi dan bisnis serta akuntansi.
  • Relevan, informasi mempunyai kualitas relevan bila dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai, yaitu dengan cara dapat berguna untuk mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini atau masa depan, menengaskan atau mengkoreksi, hasil evaluasi di masa lalu. Relevansi informasi bermanfaat dalam peramalan dan penengasan, yang keduanya berkaitan satu sama lain
  • Keandalan, agar bermanfaat informasi juga harus handal. Informasi memiliki kualitas handal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang jujur dari yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan.
  • Dapat diperbanding, pemakai harus dapat membandingkan laporan keuangan perusahaan antar periode untuk mengidentifikasi kecenderungan posisi dan kinerja keuanga. Pemakai juga harus dapat membandingkan laporan keuangan antar perusahaan untuk mengevaluasi posisi keuangan.
  1. Bagian-bagian laporan keuangan

Bagian laporan keuangan meliputi:

  1. Neraca, menyajikan aktiva pada sisi sebelah kiri,yang merupakan alokasi dari dana, kewajiban dan ekuitas pada sebelah kanan yang merupakan sumber dana perusahaan.
  2. Laporan laba/rugi, Laporan yang mengikhtisarkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan selama satu periode akuntansi,biasanya setiap satu kuartal atau satu tahun.
  3. Laporan perubahan modal, menyajikan perubahan-perubahan pada pos-pos ekuitas untuk mengidentifikasi alasa perubahan klaim pemegang ekuitas atas aktivanya.
  4. Laporan arus kas, Tujuan dari pembuatan laporan arus kas ini adalah:
  • Memberikan informasi mengenai penerimaan dan pembayaran kas perusahaan selama periode tertentu.
  • Memberikan informasi mengenai efek kas dari tiga kategori aktivitas yaitu aktivitas investasi,aktivitas pendanaan,aktivitas operasi.

Sumber:

  1. Wikipedia.org
  2. http://rizkiaassani11108724.blogspot.com/2011/02/laporan-makalah-keuangan.html
  3. http://courseware.politekniktelkom.ac.id/BUKU_KA/Semester%203/CA%20521%20Praktikum%20Akuntansi%20Keuangan%20I/CA%20-%20521%20-%20Praktikum%20Akuntansi%20Keuangan%20I.pdf