DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

by alfiantanjung27

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya  sehingga penyusunan tugas ini dapat diselesaikan.

Tugas ini disusun sebagai tugas mata kuliah Sistem Manajemen Informasidengan judul “DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER”  yang dimulai dari arsitektur computer sampai peranan peralatan input dan output. Paper ini dibuat dari berbagai sumber yaitu buku dan internet yang dikhususkan untuk para mahasiswa gunadarma.

Terima kasih disampaikan kepada dosen mata kuliah Sistem Manajemen Informasi yang telah memberikan kuliah demi lancarnya tugas ini.

Demikianlah tugas ini disusun semoga bermanfaat, agar dapat memenuhi tugas mata kuliah Sistem Manajemen Informasi. adapun dari isi paper ini yang kurang mohon dimaafkan. Terima kasih

Penyusun

Alfian Tanjung

DAFTAR ISI

hal

Pengantar                                                                                i

Daftar isi                                                                                 ii

Pendahuluan                                                                           3

Pembahasan

a)      Arsitektur computer                                                    3

b)      Peralatan input                                                            4

c)      Penyimpanan sekunder                                               5

d)     Peralatan output                                                          5

e)      Software                                                                     6

f)       Peranan peralatan input dan output                            7

PENUTUP                                                                              7

DAFTAR PUSTAKA                                                                        7

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

PENDAHULUAN

Dalam system informasi komputer dibutuhkan cara pertama atau awal untuk memproses komputer, agar para user atau pemakai tidak bigung untuk menggunakan komputer untuk itu pemprosesan komputer perlu dilakukan. Selain itu pemprosesan komputer dilakukan untuk memasukan beberapa aplikasi (software) atau hardware yang belum tersedia pada computer.

PEMBAHASAN

  1. Arsitektur computer, meliputi:

–          Prosesor

–          Memori

–          Penyimpanan sekunder

–          Perangkat Input dan Perangkat Output

Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah sekeping silicon berukuran beberapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.

Penyimpanan Primer

Ukuran kapasitas penyimpanan primer :

Satuan

Ekivalen

Keterangan

Byte 8 bit Untuk menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC
Kilobyte 1024 byte Awal PC hanya memiliki memori 640 byte
Megabyte 1024 KB Memori PC pd saat ini berkisar antara 64 – 256 Megabyte
Gigabyte 1024 MB Ukuran hard disk yang digunakan berkisar antara 20 – 40 gigabyte
Terabyte 1024 GB Database yang sangat besar
Pentabyte 1024 TB Penggunaan di masa datang

Bentuk Penyimpanan Sekunder :

  • RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
  • ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
  • Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
  1. Peralatan input
    1. Keyboard, yaitu unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.
    2. Alat penunjuk, meliputi:
  • Mouse
  • Trackball
  • Touch screen
  • Light pen
  • Unit remote control
  1. Alat input otomatis data sumber
  • Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric.
  • Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet.
  1. Alat input pengenal suara

Unit pengenal suara (speech recognition unit)

  • Mikropon
  • Automatic Speech Recognation (ASR)
  • Touchtone
  1. Alat input video

Video Camera recorder atau Camcoder

  1. Alat input penerima gerak, meliputi:
  • Headset
  • Glove
  • Walker
  1. Penyimpanan sekunder, meliputi:
  • Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
  • Hard Disk : Removable dan Non removable
  • Floppy Disk
  • Piringan Optik : CD, DVD
  • USB Flash Disk
  • Smart Card
  • Kartu memori
  1. Peralatan output

Dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :
  • Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
  • Audio
  1. Hardcopy, terdiri dari :
  • Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
  • Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le bar
  • Computer Output Microfilm (COM)
  1. Software

Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Perangkat Lunak Sistem, yaitu Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer. Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
  • Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX

Ada enam fungsi dasar sistem operasi :

  1. Menjadwalkan Tugas
  2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
  3. Menjaga keamanan sistem
  4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
  5. Menangani Interrupt
  6. Menyiapkan catatan pemakaian
  • Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
  • Penerjemah Bahasa Komputer

–          Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)

–          Bahasa Generasi Kedua, Assembler

–          Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter

–          Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :

  1. Database Query Language
  2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
  3. Very High Level Language : PASCAL, APL
  4. Graph Generators : paket grafik
  5. Report Writer : COBOL, RPG
  6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
  1. Perangkat Lunak Aplikasi

a)      Pemrograman Sendiri, Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.

b)      Paket Jadi

Ada empat kelompok besar :

  • Paket Aplikasi Bisnis Umum
  • Paket Aplikasi Khusus Industri
  • Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
  • Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
  1. Peranan peralatan input dan output serta software dalam pemecahan masalah

Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

PENUTUP

Kesimpulan:

Untuk menggunakan computer terlebih dahulu kita melakukan pemprosesan komputer untuk memperoleh komputer yang kita inginkan, selain itu untuk memperoleh suatu system yang baik hendaklah kita melakukan suatu observasi pada seluruh system software maupun hardware.

DAFTAR PUSTAKA

Sumber: dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/…/files/…/Arsitektur_komputer.do…